Headlines News :
Home » , , » Keringat Mereka Dihargai Rp.15,000,-/hari

Keringat Mereka Dihargai Rp.15,000,-/hari

Written By Unknown on Selasa, 15 Januari 2013 | 06.04

Bekerja Tak Kenal Hari Libur

Sampah di Enrekang
 Enrekang, Cakrawala News--Tak ada pilihan lain selain harus tetap bertahan menekuni pekerjaan itu demi mempertahankan hidup, meski upah yang diterimanya tak sepadan dengan resiko kerja dan keringat yang menetes. Sebanyak 19 penyapu jalan perempuan ini setiap hari on time dan tak pandang hari libur demi keindahan dan kebersihan kota Enrekang.

Pagi-pagi buta, mereka sudah harus berada di jalan protokol dan beberapa tempat tertentu termasuk pasar untuk menunaikan tugasnya.“Kami harus berangkat pagi-pagi bu, sebelum kendaraan lalu-lalang memadati jalan", kata Maria, salah seorang penyapu jalan kepada Cakrawala News.

Saya sudah harus menyapu pagi-pagi karena rute saya lebih dari 1 kilo meter jauhnya” kata Ibu paruh baya ini. Miris mendengarkan, wanita ini harus menyapu jalanan sepanjang lebih dari 1 kilometer setiap hari dengan upah Rp.15.000,-. Jauh dari standar upah minimum, sementara resiko kerja yang mungkin saja terjadi cukup besar. Mereka bekerja tanpa alat pengaman, tanpa sarung tangan dan masker.

Kediaman Si Penyapu Jalan
Kadis kebersihan Mutarsa Lamamma,SE. Yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, daerah belum mampu memberikan upah di atas dari upah yang mereka terima saat ini. Upah yang mereka terima sebesar Rp.15.000,- itu, baru tahun 2012 dinaikkan sebelumnya mereka hanya terima sebesar Rp.13.000,- jadi naik Rp.2000,-. Belum lagi kalau mereka tidak masuk kerja sehari gaji mereka dipotong meskipun mereka tidak masuk karena sakit.Namun selaku pimpinan, dirinya tidak pernah berhenti mengusulkan agar upah penyapu jalan dinaikkan kepada Bupati dan DPRD, namun tetap saja belum bisa terealisasi.

Tak banyak yang bisa diharapkan oleh 19 penyapu jalan perempuan dengan upah sekecil itu dan mereka berharap tahun ini upah itu minimal bisa naik menjadi Rp.20.000,- sehingga yang sebelumnya mereka hanya bisa terima Rp.450.000,- meningkat menjadi Rp.600.000,-/bulan . (Sry Y N)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger