Headlines News :
Home » , , , , , » Proyek PRONA 2013, 1500 Persil di Bone

Proyek PRONA 2013, 1500 Persil di Bone

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 00.36



CAKRAWALA NEWS,-Proyek Pertanahan Babupaten Bone  berupa Prona  sertifikasi lahan pertanian maupun pemukiman penduduk pedesaan diimplementasikan pemerintah pusat, sejak beberapa  tahun lalu.  Di mana kuotanya dari tahun ke tahun terus meningkat. Fluktuasi prona di setiap kabupaten, berdasarkan pengajuan dan kebijakan pemerintah pusat untuk sertifikasi berapa banyak bidang setiap tahunnya. Untuk Kabupaten Bone, tahun ini sedikit menurun dibanding tahun 2012 lalu.

Sasaran pemerintah pusat memberikan fasilitas sertifikat gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, bukan berarti secara keseluruhan digratiskan. Alas hak lahan tetap dibayar di tingkat bawah. Sehingga legalitas lahannya diakui pemerintah secara hukum.  Animo masyarakat begitu antusias, lantaran proyek tersebut membantu masyarakat memudahkan pinjaman kredit di perbankan apabila mereka ingin membuka usaha ekonomi. Ungkap Ahmad Wahid yang ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya beberapa pekan lalu.

Menurut Ahmad Wahid,  tahun depan prona diperuntukkan dalam dua hal, yakni tanah perumahan masyarakat dan tanah kebun yang belum  memiliki sertifikat. Selain itu ada juga kegiatan UKM ( Usaha Kecil Menengah). Kuotanya  250 bidang yang dikoordinir  oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bagi pengusaha kecil yang dibinanya. Dana tersebut langsung dari kementerian koperasi yang diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu dan ingin meningkatkan taraf ekonominya.  Seperti nelayan tangkap yang butuh modal usaha. Untuk sementara dinas peternakan kita akomodir dan masih menunggu lintas sektor lainnya,ungkap wahid.  Yang jelas pemerintah pusat melakukan hal ini untuk memudahkan  masyarakat untuk mendapatkan bantuan modal kepada pihak perbankan, katanya (Ani JF).
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger