Headlines News :
Home » , , , , » PNPM PISAW Berjalan Efektif di Masyarakat

PNPM PISAW Berjalan Efektif di Masyarakat

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 00.14



CAKRAWALA NEWS,-Proyek PNPM Pisaw sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Manfaatnya kini dirasakan publik. Proyek sosial  dengan swadaya masyarakat ini menampakkan antusiasme untuk memberdayakan diri dalam pelaksanaan kegiatan. “Besarnya animo, membuat mereka turut andil dalam menyelesaikan beberapa item kegiatan yang dibiayai oleh pemerintah pusat, sharing dengan pemerintah daerah Kabupaten Bone. Pembangunan fasilitas umum yang dinilai pemerintah daerah sebagai hal yang urgen, telah direalisasikan melalui musrembang. Kemudian ini diaplikasikan secara bertahap”, kata Ir. Husain Rauf, Kepala Bidang Pengembangan Infra Struktur Pedesaan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bone.

Menurut Husain Rauf, sebenarnya banyak potensi di desa yang bisa di kembangkan oleh masyarakat. Sumber daya Alam kita  cukup memadai untuk di kelola dan dioptimal. Hanya saja, hal ini tidak dapat di implementasikan jika kondisi infrasturktur jalan dan jembatan tidak belum maksimal. Bisa dibayangkan, jika salah satu desa memiliki potensi pertanian global, namun tidak memiliki infrastruktur jalan yang memadai. Ini sebuah kendala akses untuk mengangkut hasil pertanian mereka. Dan akan sangat berpengaruh pada pengembangan perekonomian mereka. seperti harga jual tidak seimbang dengan biaya transfortasi yang harus dikeluarkan. Pada dasarnya,  infrastruktur Jalan merupakan urat nadi perekonomian rakyat. Jika jalannya tertata secara maksimal, dengan sendirinya harga hasil bumi bisa meningkat. Minimal ada keseimbangan antara nilai jual dengan pengeluaran biaya transportasi, katanya.

Tahun 2012, sebenarnya proyek PNPM pisaw sudah berakhir. Namun tahun 2013 pada anggaran baru, kegiatan PNPM pisaw kemungkinan berubah nama namun tidak merubah bentuk kegiatan. Sasarannya tetap fokus pada pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, kita harapkan keterlibatan masyarakat untuk membangun daerah, selalu optimis tanpa ada prasangka buruk terhadap pemerintah. Terbukti PNPM Pisaw berjalan secara efektif di masyarakat dan sangat dirasakan manfaatnya.Terlebih lagi, pembangunan fisik yang dibiayai PNPM pisaw maupun PIP antara lain, pembangunan PUSTU, jalan tani, irigasi, dan sarana pendidikan. Satu hal yang patut dibanggakan bahwa, animo masyarakat dalam mensukseskan program nasional PNPM pisaw maupun PIP, jika dilihat dari cara melakukan pemeliharaan, pembangunan dan rasa memiliki, sangat tinggi.

Sejauh ini perhatian masyarakat pada pembangunan yang telah ada dan difungsikan menunjukkan angka statis yang signifikan.  Sebagai mediator pembangunan Program kerja pemerintah, sekaligus perpanjangan tangan bagi masyarakat, mengharapkan semua pihak agar ada perhatian serius serta keberpihakan semua lini untuk  bersinergi dengan program pemerintah. Baru-baru ini kami melakukan pertemuan dengan beberapa SKPD, membahas tentang rencana program kerja Pemda Bone tentang kawasan strategis  Kabupaten, yang prospek  ke depan  menjadi suatu kawasan bagi komuditas unggulan. Dimana rencana program ini dijadikan skala prioritas.  Semua lini diharapkan ikut andil dalam membangun ekonomi kerakyatan. Bappeda selaku ketua tim berperan aktif dalam mengimplementasikan hal ini. Sebagai lintas sektor, sasaran kita adalah Kecamatan Palakka, Barebbo dan Awangpone, sebagai wilayah percontohan bagi industri hilir onefarm, katanya. Demikian pula kawasan industri pertanian yang dikemas menjadi home industri. Jadi pada dasarnya, obyek kegiatan kita, terfokus pada infrastruktur jalan, papar Ir. Husain Rauf ( Ani Jf).
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger