Headlines News :
Home » , , , , » Referensi: Tanggung Jawab dan Dedikasi

Referensi: Tanggung Jawab dan Dedikasi

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 00.41


Ber”hutang” Untuk Optimalkan Pelayanan


CAKRAWALA NEWS, -Baru setahun, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang membenahi kantor sendiri. Bangunan yang disulap menjadi kantor pelayanan ini adalah bekas kantor Camat Enrekang. Sebelumnya, masih satu atap dengan Dinas Sosial didalam ruangan yang sangat terbatas. Tuntutan pelayanan masyarakat untuk pemenuhan data kependudukan, menggelitik pikiran Muzakkir, S.Sos selaku Kepala Dinas utnuk merubah kondisi. Permohonannya untuk menggunakan bekas kantor camat sebagai kantor pelayanan Dukcapil, diterima pemerintah daerah. Dari sini kemudian ia membenahi bangunan tersebut. Loket-loket pelayanan dibuat. Ruang disekat untuk masing-masing bidang. Beberapa material bangunan diganti atau ditambah. Sebuah mobil ambulance pun disulap menjadi sebuah mobil pelayanan Dukcapil (mobile).

Mencengangkan, semua itu dilakukan dengan menggunakan biaya sendiri. belum adanya dana untuk pembenahan kantor, memaksa dia untuk menarik pinjaman demi mengoptimalkan pelayanan masyarakat. Semua dilakukan tanpa pamrih dan semata-mata sebagai wujud tanggung jawab diinstansi tersebut. Pada prinsipnya, ia enggan gagal melaksanakan tugas hingga mendapat asumsi buruk atau kritikan miring dari masyarakat. Selain itu, apa yang dilakukan adalah bentu komitmen jabatan yang diamanahkan kepadanya. “apa artinya saya diberi amanah sebagai kepala dinas jika tidak mampu melaksanakn tugas dengan baik. Saya tidak mau membuat masyarakat kecewa karena pelayanan yang tidak memuaskan” ujar Muzakkir yang ditemui diruang kerjanya.

Diakui, untuk melakukan semua ini terpaksa ber”hutang” agar kantor pelayanan dapat dibenahi secepat mungkin. Pelayanan data kependudukan adalah hal yang sangat urgent dan tidak boleh tertunda. Sebab semua akses perekonomian, pendidikan, kesehatan dan pernikahan, bermula dari data awal yang dimiliki oleh masyarakat. Jika ini tidak bergerak secara optimal, dapat dibayangkan dampaknya. Tutur Muzakkir.

Rupanya, dedikasi dan kerja keras selama ini dilakukan, memberi pencitraan yang baik bagi pemerintah daerah. Terkait soal pelayanan dan perampungan e-KTP, Kabupaten Enrekang mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat pada akhir Nopember lalu. Muzakkir tidak berhenti berharap agar suatu saat bisa mendapatkan bantuan kantor yang lebih layak dan kondusif. Bagaimana pun orientasi pelayanan membutuhkan tempat yang strategis dan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat di Kabupaten Enrekang (Asri)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger