Headlines News :
Home » , , , , , » Kolaka Utara, Menanti Adipura Jilid 2

Kolaka Utara, Menanti Adipura Jilid 2

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 00.02



Kepala Badan LHK-P&K, Kolaka Utara. H. Maksum Ramli. SE, MM
Ciptakan Lasusua Sebagai Kota Bersih, Nyaman Dan Kondusif 


CAKRAWALA NEWS, -“Semangat untuk terus menata kebersihan Kabupaten Kolaka utara agar tetap nyaman, sejuk dan kondusif, jangan hanya bertumpu karena adanya moment perlombaan saja. Tanggung jawab kita ada pada setiap instansi dan  seluruh masyarakat kota Lasusua, dengan membudayakan Jum’at bersih”. Kalimat ini dilontarkan oleh H. Maksum Ramli. SE, MM, Ka. Badan Lingkungan Hidup, Kebakaran, Pemakaman Dan Kebersihan (BLHK-P&K) Kolut, saat memimpin pasukan kebersihan melakukan pembabatan di tengah rawa kota. 




Maksum Ramli saat memimpin pembabatan di area Masjid Agung Lasusua.
Meski terik matahari sedikit menyengat siang itu, petugas kebersihan tetap semangat bekerja membersihkan dan membabat rumput yang tumbuh liar di sekitar Masjid Agung. Lokasi yang hendak dibersihkan, luasnya sekitar 30 hektar dan berada di tengah-tengah kota Lasusua. Namun target waktu yang ditentukan oleh Maksum, hanya satu minggu. Seakan tidak mengenal lelah, petugas kebersihan ini terus bekerja. Dan hanya sekali-sekali mereka terlihat meneguk air putih serta makanan ringan yang telah disiapkan.

Demikian pula petugas kebersihan jalan, mulai pukul 6.30 pagi, Nampak sudah bertebaran di jalan-jalan utama mengayunkan sapu. Sementara motor pengangkut sampah hilir mudik melakukan pengangkutan. Tak ketinggalan sosok Maksum Ramli yang energik dengan pakaian lapangan melakukan pemantauan dan sesekali memberi instruksi. Keterangan yang diperoleh Cakrawala News dari kordinator kebersihan lapangan, Abdul Rahim, menyebutkan sebelum operasi, dilaksanakan apel pagi sekitar jam 6.00 pagi.  Itulah fenomena petugas kebersihan di Kabupaten Kolaka Utara yang baru berusia 9 tahun.

Petugas kebersihan sedang membersihkan jalan.
Terkait dengan Adipura tahun ini, Maksum Ramli mengatakan belum mengetahui hasil penilaian akhir, sebab belum ada informasi. Andai itu sudah ada, kita bisa melakukan pembenahan di mana letak kekurangan kita dalam perolehan piala Adipura mendatang. Meski demikian, secara Nasional, Kolaka utara berada pada peringkat ke 27 dari sekian ratus Kabupaten. Sementara dalam skop Indonesia Timur, berada pada peringkat kedua setelah Manado. Ungkap Asdar, Kepala Badan Ketahanan Pangan.

Saat ini, BLHK-P&K Kolaka Utara, Bidang Kebersihan memiliki personil sekitar 102 orang. Dengan item pekerjaan, pembabatan, pertamanan, persampahan, pembersihan drainase dan pengangkut sampah. Dari sekian banyak personil dan item pekerjaan, bidang kebersihan  memiliki 20 unit motor sampah. 3 antaranya dioperasikan untuk mengangkut alat-alat pembersih. Selain itu, ada 3 unit container sampah, 5 unit mobil pengangkut dan 2 unit mobil damping untuk menunjang semua jenis pekerjaan.  Dalam waktu tertentu, personil kebersihan ini dirolling untuk menghindari kejenuhan, ujar Maksum.

Petugas kebersihan sedang mengangkut sampah
Kendala yang dihadapi, belum optimalnya fungsi tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Totallang. Sebahagian infrastruktur di lokasi tersebut, belum terbenahi dengan baik. Untuk memaksimalkan kinerja, masih perlu penambahan armada kebersihan maupun kebakaran beberapa unit. Termasuk porsi anggaran perlu ditingkatkan agar ada keseimbangan dengan personil lapangan yang difungsikan, katanya.

Sehubungan dengan optimalisasi kebersihan di tingkat SKPD, Maksum menghimbau agar peran aktif setiap instansi benar-benar berjalan. Sebab masing-masing sudah memiliki area tersendiri. Dengan demikian, kebersihan, kenyamanan, kesan sejuk dan kondusif di Kabupaten Kolaka Utara senantiasa terjaga. Masalah Adipura, tidak menjadi tolok ukur untuk nanti kita berbuat. Jika Kolaka Utara mendapatkan Piala Adipura, bukan berarti perjuangan telah usai. Jadikan itu sebagai cikal bakal sebagai awal, bahwa Kabupaten Kolaka Utara adalah daerah yang sejuk, bersih, nyaman dan kondusif sepanjang waktu.

Pada kesempatan itu pula, ia sangat bangga memiliki Bupati yang selalu turun ke lapangan, berbaur dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan. Ini sebagai contoh kepemimpinan yang baik untuk dijadikan sebagai motivasi. Pungkas Maksum Ramli, mantan Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Kolaka Utara.  (Asri Romansa) 


Keterangan Gambar :
1.       Kepala Badan LHK-P&K, Kolaka Utara. H. Maksum Ramli. SE, MM
2.       Maksum Ramli saat memimpin pembabatan di area Masjid Agung Lasusua.
3.       Petugas kebersihan sedang membersihkan jalan.
      4.     Petugas kebersihan sedang mengangkut sampah
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger