Headlines News :
Home » , , , » Ketua Partai Bulan BintangYusril, Berdebat dengan KPU

Ketua Partai Bulan BintangYusril, Berdebat dengan KPU

Written By Unknown on Senin, 07 Januari 2013 | 16.29

Yusril Ihza Mahendra
Menantang membawa masalah persyaratan parpol ke MK dan MA.

Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra berdebat sengit dengan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ketika dia mengkritisi syarat keterwakilan 30 persen perempuan.

"Saya sampaikan keberatan bahwa ternyata ada yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat) karena keterwakilan perempuan tidak tercapai 30 persen. Sebelumnya memang saya tidak pernah dengar, tapi tiba-tiba saya dengar malam ini dan tidak memunuhi syarat," kata Yusril dalam rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jakarta, Senin (7/1) malam.

"Semestinya tidak ada peraturan itu, tidak sampai di tingkat KPU provinsi. Bu pimpinan (Ida Budhiati) menyampaikan jawaban secara pribadi atau KPU? Mestinya pertanyaan itu diskors dulu karena bu pimpinan sampaikan sendiri."

Menurut mantan Menteri Sekretaris Negara tersebut, persoalan verifikasi faktual pengurus hanya ada dalam peraturan KPU (PKPU) dan diturunkan dalam petunjuk teknis yang hanya berupa surat.

Undang-undang (UU) tidak memberi kewenangan pada KPU untuk hal-hal seperti keterwakilan perempuan 30 persen yang sebetulnya sudah diatur dalam dua Undang-undang, cetus mantan Menteri Hukum dan HAM ini.

"Anda jangan mempermainkan, bawa saja aturan ini ke MA (Mahkamah Agung), saya bukan bodoh. Keputusan MA tentang judicial review dia berlaku ke depan. Andaikan dia putuskan peraturan KPU tentang keterwakilan perempuan bertentangan dengan dua Undang-undang, tidak serta merta membatalkan keputusan KPU," tukasnya.

Dia meminta KPU untuk tidak mempermainkan parpol.

"Itu kan Anda mempermainkan, jangan kamu anggap kita ini orang goblok. Ayo kita bawa ini ke MK (Mahkamah Konstitusi), ke MA. Ini persoalan mendasar, KPU harus punya keberanian. Presiden beberapa kali saya challenge ke pengadilan kalah. Saya tidak level berdebat undang-undang dengan saudara-saudara," tegasnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger