Headlines News :
Home » , , , » KBR Tahun 2013 Masih Program Lanjutan

KBR Tahun 2013 Masih Program Lanjutan

Written By Unknown on Minggu, 13 Januari 2013 | 05.09


Add caption
Watampone, Cakrawala News--Menyoal  keberadaan KBR (Kebun Bibit Rakyat) yang merupakan program Nasional masih berlanjut  hingga tahun anggaran 2013, di mana kegiatan terfokus pada pembenihan dan penanaman sesuai kondisi lapangan. Animo masyarakat tani sangat antusias dalam ikut serta mensukseskan program KBR, terbukti banyaknya  pemohon  calon petani lahan yang mengajukan proposal ke bidang  pengelola KBR. Dan sementara ini masih ditampung oleh pemerintah daerah untuk diusulkan ke Balai Jeneberang.

”Memang tak dipungkiri potensi lahan kritis di kabupaten Bone cukup luas untuk pengembangan kebun benih rakyat yang tersebar di beberapa kecamatan termasuk kecamatan Kajuara. Terdapat 91 Desa yang ikut dalam program KBR sudah terealisasi dan tidak menutup kemungkinan akan  ada tambahan KBR di tahun ini”, kata pengelola KBR Dishut Bone, Suryadi,  kepada Wartawan Cakrawala News.
Mengapa  petani sangat merespon untuk mendapatkan proyek KBR dari pemerintah..?Alasannya, sejak tahun 2010 sampai sekarang ini, bibit pohon yang sudah ditanam kini  tingginya mencapai 7 meter ( tahun 2012), apalagi pohon jati putih, sisa menunggu dua tahun lagi, jati putih sudah dapat diproduksi.
Add caption
Waktu bergulir begitu cepat, pertumbuhan jati putih terlihat semakin tinggi,  masyarakat yang ikut menanam benih tersebut berasa diambang keberhasilan. Terbayang nilai rupiah yang  akan menjadi tumpuan harapan mereka  yang memang hidup dari hasil pertanian. “Inilah yang membuat petani semakin giat untuk menanam pohon”, ujar Suryadi senang,
“Semoga saja cita-cita mereka untuk mendapatkan kehidupan yang layak dapat terimplementasikan dengan adanya Program KBR ini. Hanya saja, kami terkendala soal SDM, petani kita masih perlu peningkatan ilmu pengetahuan tentang teknis  KBR, Oleh karena anggaran pusat yang  terbatas untuk  mengakomodir item kegiatan, maka solusi yang diambil pemerintah, yakni  melakukan peningkatan SDM melalui pelatihan, sebagaimana kita ketahui bahwasanya, tenaga penyuluh  lapangan masih minim, namun kondisi tersebut,  masih bisa diatasi, imbuhnya.(Ani Hasan)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger