Headlines News :
Home » , , » Bendungan Watubangga di Proyeksikan Tahun ini

Bendungan Watubangga di Proyeksikan Tahun ini

Written By Unknown on Sabtu, 26 Januari 2013 | 19.19

Kolaka, Cakrawala News,--Rubuhnya bendungan Watubangga akibat cuaca ekstrim 2010 lalu menyebabkan produktivitas pertanian masyarakat sekitar mengalami kemerosotan. Optimalisasi pertanian tidak mampu bergerak secara dinamis akibat mobilisasi air irigasi ke areal pertanian lumpuh total. Petani hanya mampu menggarap sawah dengan mengandalkan musim.

Spontanitas, rentang waktu dua tahun seharusnya petani laksanakan panen empat kali, terpaksa hanya dua kali panen. Hasilnya pun tidak maksimal seperti ketika bendungan tersebut belum mengalami kerusakan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka, Ir. Syamsul Bachri, M.Si saat ditemui Cakrawala News di ruang kerjanya beberapa pekan lalu.

“Selama dua tahun dengan frekwensi tanam empat kali yang tidak terlaksana menjadi keprihatinan Pemerintah Daerah. Sebab salah satu kawasan pertanian yang memberi kontribusi pangan yang cukup tinggi di Kabupaten Kolaka adalah Kecamatan Watubangga. Dengan analisa produktivitas hasil pertanian sekitar 1.784 ton/tahun dengan asumsi 4 ton/ha. Adapun realisasi tanam dua kali dalam satu tahun dengan luas areal 223 hektar” ujar Syamsu Bachri.

Keprihatinan pemerintah akan hal ini menjadi motivator untuk terus berupaya merealisasikan perbaikan bendungan Watubangga. Awalnya upaya tersebut sempat mandeg dan terbentur regulasi prosedural di tingkat provinsi. Sehingga pemerintah daerah merumuskan sebuah program untuk menyelamatkan potensi komoditi daerah yang mengambang selama dua tahun terakhir ini. Setelah melakukan kordinasi dengan sekretaris daerah, anggaran terkait pembangunan bendungan Watubangga mendapat respon positif dan direalisasikan.

lihat liputan makassar tv di sini


Awal tahun 2013 perbaikan bendungan Watubangga akhirnya membuka jalan dengan menggunakan alokasi dana umum (DAU). Insya Allah, tahun ini telah diproyeksikan dan mulai masuk dalam tahapan tender. Paling lambat, bulan April mendatang proyek tersebut sudah mulai jalan dengan porsi anggaran Rp. 1, 825 miliar. Luas bentang bendungan yang akan dibangun sekitar 13 meter dengan kapasitas debit air 1,49 liter/detik. Kata Saymsul Bachri menjelaskan.Dengan demikian, harapan pemerintah ke depan soal produktivitas pertanian di wilayah tersebut dapat lebih meningkat. Masyarakat petani dalam menggarap sawah tidak lagi bergantung pada musim hujan. Sebab suplay air ke areal pertanian sudah berjalan seperti yang diharapkan. Demikian pula surplus beras di Kabupaten Kolaka diharapkan terus meningkat dari tahun ke tahun hingga dapat merambah ke beberapa wilayah di sekitarnya.(Asri)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Blog Koe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger